Minggu, 14 Oktober 2012

Contoh Dakwaan Subsider


Lampiran II
Contoh Surat Dakwaan Bentuk Subsidair

KEJAKSAAN NEGERI KOTA MAUMERE
“UNTUK KEADILAN”

SURAT DAKWAAN
NO: REG.PERK.PDN-61/Pid-B/VII/1995
I.                        Identitas Terdakwa
Nama                                 : SIPRIANUS JANO
Tempat/Tanggal Lahir       : Nitakloang/ 17 Agustus 1953
Umur                                 : 42 tahun
Jenis kelamin                     : Laki-laki
Kebangsaan                       : Indonesia
Agama                               : Kristen Katolik
Pendidikan                        : SD
Alamat                               : Nitakloang Kec.Nita Kab.Daerah Tk.II Sikka
Pekerjaan                           : Tani
Selanjutnya disebut sebagai Terdakwa I.

Nama                                 : THOMAS PAULUS
Tempat/Tanggal Lahir       : maumere/ 29 januari 1960
Umur                                 : 35 tahun
Jenis kelamin                     : Laki-laki
Kebangsaan                       : Indonesia
Agama                               : Kristen Katolik
Pendidikan                        : -
Alamat                               : Nitakloang Kec.Nita Kab.Daerah Tk.II Sikka
Pekerjaan                           : Tani
Selajutnya disebut terdakwa II.
II.            Dakwaan.
PRIMAIR
-Bahwa saudara SERDA SUDAR sebagai Korban pada hari sabtu tanggal 29 April 1995 sekitar jam 16.30 WITA telah dianiaya atau dipukul oleh FASIFIKUS KRISPIANUS YOSEP JAYA dkk (yang diajukan sebagai terdakwa dalam perkara pidana lain) di Km 10 Desa Mage Ponda, berjalan sepoyong menuju ke arah barat dengan keadaan berlumuran darah menuju Hutan Masakea yang masuk daerah hukum Pengadilan Negeri Maumere.
Ketika SERDA SUDAR duduk istirahat dibawah pohon reo dipinggir jalan Hutan Masakea, Desa Mage Pohan dimana korban dalam keadaan berlumuran darah serta baju dan celana berlumuran darah, disekitar pohon tersebut saudara Terdakwa I dan YUDAS MITAK ikut duduk.
Tidak lama kemudian GREGORIUS DELANG datang dari arah ladang dan mendekati korban, lalu si korban berdiri dan bertanya pada saudara GREGORIUS DELANG “dimana kalau menuju ke MAURULE?”dan saudara GREGORIUS DELANG pun menjelaskan “bahwa jalan ke MAURULE tidak ada, tetapi jalan tersebut menuju ke atas gunung” .
Pada saat itu juga saudara Terdakwa I dan YUDAS MITAK menganjurkan pada GREGORIUS DALANG dengan bahasa MAUMERE dan berkata “Tena Mate” yang artinya “Bikin Mati” dan disaat GREGORIUS DELANG mengangkat parang dan memotong atau membacok si korban tiba-tiba Terdakwa I dan YUDAS MITAK berkata “Lopa Bati” yang artinya “Jangan Dibunuh” dengan maksud supaya si Korban di bawa ke hutan yang tersembunyi, barulah korban dibunuh. Sedangkan si korban pada saat itu mengangkat tangan dan minta ampun sehingga GREGORIUS pun tidak jadi membunuh korban dan Pembunuhan itu pun batal dilaksanakan.
-Kemudian mereka pun berjalan dari pinggir jalan Hutan Masakea menuju ke tengah Hutan dimana GREGORIUS DELANG berada di depan dan di ikuti oleh si korban dan selanjutnya Terdakwa I, Terdakwa II dan YUDAS MITAK berjalan dibelakang Korban. Mereka menghabiskan waktu kira-kira 30 menit menuju ketengah Hutan.
Setelah berputar-putar mencari tempat yang cocok untuk membunuh si korban ditengah Hutan Masakea, tiba-tiba GREGORIUS DELANG berhenti dan dalam posisi menghadap si korban dan langsung mengayunkan parangnya dengan tangan kiri lalu membacok si korban, tetapi bacokan pertama ditangkis oleh korban dengan tangan kanan sehingga tangannya luka, kemudian GREGORIUS DELANG membacok lagi sehingga mengenai bahu kanan si korban sehingga sikorban jatuh tergeletak di atas tanah,  kemudian GREGORIUS DELANG membacok lagi dan  mengenai leher sikorban sehingga mengakibatkan sikorban meninggal dunia.
-Setelah sikorban meninggal, GREGORIUS DELANG berjalan ke pinggir kali dan menyatakan “Kamu Urus Kubur Sudah” kepada mereka sehingga Terdakwa I, Terdakwa II dan YUDAS MITAK menggali dan menguburkan sikorban dengan mempergunakan cangkul PETU.
-Sesuai dengan Visum Et Repretum RSU dr.T.C HILLERS MAUMERE tertanggal 9 mei 1995 yang ditandatangani oleh dr. WERA DAMIANUS dan EVA NIRMALA dengan pemeriksaan sebagai berikut:
1.      Anggota gerak atas kanan: terdapat luka robek pada punggung dan pada tangan sebesar 5 (lima) cm x 2 (dua) cm dasar otot dan pembuluh darah.
2.      Bahu : terdapat luka terbuka pada bahu kanan sepanjang 12 (dua belas) cm x 5 (lima) cm dasar tulang.
3.      Leher : ditemukan Luka Robek sepanjang 18 (delapan Belas) cm melingkar dari depan 2 (dua) cm (pada garis tengah leher).
4.      Melingkar kekanan melewati garis tengah sebelah kiri belakang 3 (tiga) cm. 
Kesimpulan Visum Et Repertum :
“Pada tubuh korban ditemukan luka-luka terbuka yang disebabkan oleh karena kekerasan benda tajam. Luka-luka tersebut mengakibatkan pendarahan dan putusnya organ-organ vital pada leher yang mengakibatkan sikorban meninggal dunia.”
Berdasarkan perbuatan terdakwa seperti yang tertera diatas, yang telah mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang dan telah diatur lebih awal oleh siTerdakwa dengan membawa sikorban ketengah Hutan terlebih dahulu, diatur dan diancam dengan Pidana pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan dengan Rencana jo pasal 55 ayat (1) angka 2 KUHP.

SUBSIDAIR
Berdasarkan perbuatan terdakwa seperti yang telah diterangkan pada keterangan diatas yang mengakibatkan hilangnya nyawa sikorban, diatur dan diancam dengan Pidana pasal 338 KUHP tentang dengan sengaja merampas nyawa orang lain jo pasal 56 angka 2 KUHP
LEBIH SUBSIDAIR
Berdasarkan perbuatan terdakwa seperti yang telah diterangkan pada keterangan diatas, yang telah menguburkan mayat sikorban dengan maksud menyembunyikan kematian sikorban, diatur dan diancam Pidana pasal 181 KUHP jo Pasal 55 ayat 1 angka 1 KUHP.

                                                                                      MAUMERE, 12 Juli 1995

                                                                                      JAKSA PENUNTUT UMUM
                                                                                                      Ttd

                                                                                        EKA PERIAMAN ZAI, SH, MH
                                                                                       Jaksa Pratama, NIP.0810012111017

1 komentar:

  1. materi yg sangat membantu dlm memenuhi tugas kmpus. Thanks & salam kenal bang Syarif.

    BalasHapus